lstilah-2 pada gas compression
Pressure ratio adalah perbandingan tekanan yang proportional antara suction dan discharge

HEAD adalah Suatu Energy yang dibutuhkan untuk merubah 1 lb gas dari suatu tekanan e tekanan yang lebih tinggi

Macam – Macam Head

Adiabatic Head = Head yang ada pada process dimana taka da penambahan / pengurangan panas selama proses kompressi

Isentropic Head = Head yang ada pada keadaan process ideal dalam artian tidak ada loses (Kehilangan)

Actual Head = Head yang ada pada process yang actual dalam arti memperhitungkan loses (kehilangan)
Isentropic Efficiency = Perbandingan antara Head Isentropic dengan head actual

Flow = adalah banyaknya gas yang mengalir dalam unit massa atau Volume per satuan waktu (lbs/min) or (cu.ft/min). Pada umunya dinyatakan dalam CFM, ICFM, ACFM, dan MMSCFD. Yang terkahir adalah yang lazim dipakai dalam penjualan gas.

1440 = Conversi dari menit ke hari
Z = Compressibility Factor

Makin Tinggi temperature dan tekanan makin besar bedanny antara MMSCFD dan CFM

Surge Control System tipe Elektronik sistem
Dalam pembahasan nanti hanya akan kita blcarakan “pneumatic type” karena sangat sederhana dan lebih mudah dimengerti. Electronic instrument component pada akhir abad ini berkembang sangat pesat, sehingga sudah sangat banyak Electronic Surge control system yang saat ini sudah terpasang. Namun prinsip dari rangkain surge control system adalah sama fungsinya.

Beberapa kelebihan dari sistem electronic adalah respond yang cepat pada suatu perubahan kondisi, bisa di hubungkan dengan electronic turbine control system, DCS, telemetry dan sedikit penggunaan air instrument.

Sedangkan kekurangan/kerugian dari system electronic adalah dalam biaya awal dan lokasi electrical hazard yang harus dipenuhi dalam instalasinya.

SURGE CONTROL PADA TANDEM COMPRESSOR.
Tandem compressor adalah dua atau lebih
compressor yang dihubungkan secara seri yang mana penggeraknya hanya satu.
Ada beberapa tandem surge compressor yang ada dalam system piping recyclenya. Piping recycle yang dihubungkan dari discharge dari compressor tingkat akhir (stage terakhir) ke suction dari compressor tingkat pertama (first stage). Ada juga yang masing-2 compressornya memiliki surge valve secara individu. Dalam hal ini rangkaian surge control system harus dipertimbangkan sedemikian rupa sehingga efek dari pembagian load dari masing-masing compressor dijaga keseimbangannya pada waktu salah satu compressor mengalami surge tingkat awal.

Perlu diingat bahwa dalam operasi compressor tandem, flow dari masing-2 compressor adalah sama, sehingga apabila salah satu compressor mengalami kekurangan flow, secara teori compressor yang lain juga akan mengalami kekurangan flow.

PRE-SURGE CONTROL SYSTEM.
Adalah suatu system dari surge control yang diintegrasikan dengan system yang lain, misalnya station recycle, turbine speed control dan sebagainya. Dalam aplikasi ini surge control merupakan proteksi level dua setelah primary control yang dibuat seperti station recycle, turbine speed control sudah me-respon seperlunya. Kelebihan dari system ini adalah level proteksi yang lebih tinggi dan menghindari membukanya surge control valve yang tidak perlu, sehingga peocess plant akan lebih stable apabila ada suatu gangguan process.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here