Basic Surge Control System
Contoh cara untuk menghindari surge dengan cara operator manual. T
Titik operasi compressor bisa di lihat di layar turbotronic. Dan operator kalau lihat bahwa titik operasi compressor sudah dekat ke surge line
maka tindakan dia adalah harus menjauhkan compresor dari surge

Contoh cara untuk menghindari surge dengan cara operator manual.
Titik operas! compressor bisa di lihat di layar operasi turbotronic. Dan operator jika melihat bahwa titik
compressor sudah dekat ke surge line maka tindakan dia adalah harus menjauhkan compresor dari surge.

Misainya titik A adalah titik operasi compressor pada kecepatan katakan saja 80 % dan sudah mendekati surge line. Nah untuk menjauhkan dari surge line maka kecepatan dinaikkan sehinngga titik operasi bergeser ke kanan (titik B). Secara ilmiahnya bahwa dengan menaikkan kecepatan dan menjaga head constan maka flow akan bertambah. Terlihat pada gambar dari titik A ke titik B. Untuk ini diperlukan tambahan engine horse power set point.
Kondisi surge bisa juga dihindari dengan menurunkan. operasi discharge pressure kalau masih memungkinkan, agar operasi dari compressor head akan turun sehingga jarak point operasi terhadap surge limit atau bisa disebut “surge margin” akan menjauh sehingga terhindar dari kondisi bahaya.

Prinsip Surge Control

Prinsip utama dari Surge control adalah untuk menghindari point operasi compressor melewati batas surge limit atau sebelah kirinya.
Pada gambar samping Head / Flow curve dapat dilihat bahwa pada kurva constant speed, operating point compressor akan bergeser mendekati surge point apabila flow turun apabila head dinaikkan.
Pada suatu point (surge point) operasi, flow harus diusahakan tidak terus cenderung turun tetapi ditambah atau dinaikkan karena untuk menopang proses kompresi untuk pressure tertentu, ada suatu harga flow yang paling sedikit (minimum flow).
Jadi hal yang paling mendasar untuk menghindari surge adalah dengan manaikkan flow apabila operasi point mencapai surge.
Pada prakteknya, untuk faktor pengamannya, point operasi yang mana sebuah rancangan surge control dibuat adalah sekitar 10-15% sebeium surge limit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here