Penyebab Surge

Turun-nya flow sampai dibawah flow limit akan menjadikan surge. Nah sekarang suatu pertanyaan bahwa kenapa flow bisa turun ?
-Restriction di down stream compressor, bisa coolernya mampet, discharge valve tidak fully open atau bahkan tertutup dsb.
-Suction pressure turun, bisa karena sumber gas kurang, suction valve tertutup, strainer buntu dsb.
-Specific Gravity gas rendah, sehingga head yang diperlukan lebih besar untuk mencapai ratio yang diinginkan.
-Internal parts compressor, bisa impellernya kotor jadi tidak impeller diameter tidak effectively dipakai, excessive clearance seals, dsb.nya yang pada dasarnya tidak bisa memberi tenaga pada gas.

Penjelasan penyebab surge Kalau restriction di discharge maka P2 naik,
sehingga ratio juga jadi naik, demikian juga kalau ada restriction di suction maka P1 turun, yang akibatnya juga ratio naik (pada constant P2). Kalau keadaan ini kita kembalikan ke rumus Head yang kita sederhanakan saja yaitu :

maka kalau r naik, head yang dibutuhkan juga
naik, nah persoalannya sekarang kompressornya mampu apa tidak, kalau tidak maka ya, flownya turun dan akhirnya bisa surge.
Kalau SG gas turun maka (lihat rumus) head yang dibutuhkan naik, dan sama seperti diatas, kalau kompressor tidak mampu mengatasi head yang ada maka flow turun dan akhirnya surge.
Kalau impeller passage nya kotor atau scaling maka kemungkinan yang terjadi adalah aerodinamic gas terganggu, juga fungsi panjang diameter impeller tidak effective terpakai, maka ingat Fan Law, bahwa makin kecil diameter makin kecil pula head yang bisa dihasilkan.

Contoh

D1 = 10, H1 = 100, karena scaling jadi katakan D1 mengecil hingga menjadi D2 = 7, maka H2 = 49 . Mengecil disini dalam arti fungsi panjang diamater. Dan ini hanya sebagai gambaran gemana sih kalau D impeller berkurang.

Cara Menghidari Surge
Surge tidak bisa dicegah juga idak bisa dicontrol.
Jika operasi suatu centrifugal compressor sudah berada di sebelah kiri surge limit maka surge akan terjadi pada compressor tersebut. Jadi kembali lagi bahwa surge tidak dicegah atau dicontrol tapi bisa di hindari / dijauhi.

System yang umum dipakai di Plant kita adalah dengan memasang bypass line dari discharge side ke suction side, yang juga dilengkapi dengan individual surge control valve atau station control valve. Jadi kalau oprating compressor mendekati surge maka valve akan membuka, sehingga terjadi sirkulasi gas dari discharge ke suction, yang pada intinya akan menambah flow.
Dan apabila sudah kemabli stabil maka valve akan menutup kembali. Untuk lebih detailnya bisa dilihat dari PI & D, pada masing – masing flow stations, karena kemungkinan ada sedikit perbedaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here