Definisi Surge
Surge adalah suatu aerodinamic characteristic yang terjadi pada compressor yang beroperasi dibawah flow range dari design. Dalam arti bahwa pada head tertentu akan tetapi flow turun
sampai dibawah miminmum flow yang di-ijinkan,
Jadi surge adalah titik dimana flow yang lewat compressor jauh berkurang dibawah kondisi
design sehingga instability (mild to violent) terjadi karena kebutuhan head lebih tinggi dari pada kemampuan head yang bisa dihasilkan dari compressor itu sendiri.
Surge point adalah titik batas low-flow dari pada operasi compressor. Pada daerah kiri surge
point compressor impeller tidak mampu menghasilkan head untuk melawan pressure ratio yang dibebankan padanya. Pada saat ini flow balik terjadi.

Katakan compressor beroperasi pada constant speed di titik A, karena ada restriction di down stream compressor maka flow turun dan discharge pressure naik sampai titik B, karena tidak bisa mengatasi rictriction, maka flow terus turun dan discharge pressure naik sampai pada titik C yang merupakan titik surge, dan apabila masih tidak bisa mengatasi restriction tsb. maka compressor akan beroperasi didaerah unstable dan akhirnya sampai titik D.
Flow balik terjadi dan pada titik D compressor sama sekali tidak menghasilkan flow (zero flow), dalam kondisi demikian tekanan upstream impeller akhirnya sama dengan downstream impeller, jadi boleh dikatakan tidak ada load untuk impeller. Kejadian ini hanya sebentar karena flow akan kembali ke titik A, akibat dari energy yang diberikan pada gas tersebut.
Jadi gampangnya, pada constant speed setelah ada flow balik, ratio (r) menjadi rendah dan sebaliknya flow menjadi besar (titik A) dan karena restriction masih ada maka akan terjadi high ratio – low flow sampai ke no flow (titik B, C dan akhirnya D), dan kejadian demikian berulang- utang (surging). Dan kalau tidak segera teratasi compressor bisa rusak.

Keadaan dimana impeller tidak mampu lagi menambah energy pada gas, maka bisa terjadiiah flow balik. Karena flow balik maka kemungkin’an yang terjadi adalah kesamaan pressure pada inlet dan outlet impeller, akibatnya adalah ratio jadi rendah sehingga dengan energy yang ada bisa mendapatkan flow yang besar, ini terlihat yaitu dari titik D langsung ke titik A.
Kejadian dimana ada flow batik bisa dikatakan mild surge dan apabila jauh lebih parah lagi bisa meningkat ke violent surge. Mild surge umumnya tidak merusak kompressor, sedangkan violent surge yang berulang – ulang akan merusak kompresor

Akibat yang membahaykan dari surge adalah :
-High vibration pada rotor yang akibatnya merusak labyrinth sealing thrust load yang akan merusak thrust bearing.
-High gas temperature
Merusak penggerak compressor karena loading cycle dari No load ke Overloaded.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here