Pengaruh perubahan pada Base Condition
Persamaan untuk adiabatic head menunjukkan bahwa semua sifat sifat gas mempunyai pengaruh pada sejumlah head yang diperlukan untuk aplikasi compressor. Suatu perubahan pada suction atau discharge pressure, inlet temperature, atau suatu perubahan pada komposisi gas yang mengakibatkan perubahan specific gravity akan merubah head requirements. Suatu perubahan dari ratio of specific heats atau compressibility juga akan mempengaruhi head yang dibutuhkan, tetapi pengaruhnya tidak sepenting pada pressure,
temperature dan specific gravity.

Sangatlah penting bahwa pemakai centrifugal compressor waspada terhadap perubahan perubahan pada sifat sifat gas dan head requirements. Kenaikan yang besar dari head requirements bisa mendorong compressor kedalam operasi yang tak stabil, sementara itu pengurangan head requirements yang besar bisa menyebabkan compressor beroperasi pada effisiensi rendah. Dengan tambahan, perubahan pada head requirements bisa berakibat pada banyaknya jumlah gas yang melalui compressor pada periode waktu tertentu. Ingat bahwa head adalah ukuran dari energy yang harus ditambahkan ke satu pound- mass gas untuk membuat pressure ratio. Head yang diperiukan untuk menekan satu pound- mass dari gas tertentu ke satu pressure akan sama , apakah compressor sedang memproses 100 pound-mass gas per menit atau 500 pound-mass gas per menit. Total head tersedia untuk meng- kompres gas akan tetapi sangat tergangtung dengan jumlah gas yang diproses.

Jika sifat ini berubah Dan ini tetap Maka head yang dibutuhkan akan
T1 Naik Ratio, SG Naik
T1 Turun Ratio, SG Turun
Ratio Naik T1.SG Naik
Ratio Turun T1.SG Turun
SG Naik Ratio, T1 Turun
SG Turun Ratio, T1 Naik

Penentuan Head Requirements
Besar dari head yang harus di buat oleh compressor untuk rnendapatkan pressure ratio tertentu untuk aplikasi adalah fungsi dari yang berikut ini:

• Suction pressure
• Discharge pressure yang dikehendaki
• Suction temperature
• Ratio dari specific heats.
• Compressibility factor.
• Specific gravity.
Jika semua diatas diketahui, penentuan awal dari head yang dikehendaki untuk kondisi proses dapat dikerjakan memakai rumus berikut. Solar engineer akan memakai program komputer untuk perhitungan kalkulasi akhiryang lebih akurat.
H ad = adiabatic head
T1 = suction temperature absolute °R (°F + 460)
Z av = average compressibility K = specific heats ratio dari gas P2 = absolute discharge pressure
P1 = Absolute Suction Pressure
53.35 = Constant
Penting di ingat bahwa konstanta 53.3 pada persamaan diatas hanya berlaku jika T1 dinyatakan dalarn derajat Rankine. Jika unit lain digunakan kontanta itu berubah.
Contoh Soal
Base conditions
Anggaplah suatu compressor bekerja dengan sifat sifat gas berikut ini.
P1 = 165 psia
P2 = 330 psia
T1 =110 “F (570 “R)
SG = .650 K =1.28 Z = 0.98
Menggunakan persamaan untuk head , kita dapat menentukan head yang akan dihasilkan compressor untuk mendapatkan pressure ratio yang dikehendaki untuk gas ini; 34,341 ft.lbf /Ibm.

T1 Berubah
T1 naik dari 110 °F ke 120 °F , atau 580 °R. Sernua kondisi yang lainya tetap. Menggunakan persamaan untuk head , kita dapat menghitung head yang diperlukan untuk proses dengan pressure ratio yang sarna tetapi T1 yang lebih tinggi.

Semakin tinggi suction temperature semakin tinggi head requirement untuk pressure ratio yang sama. Suction temperature yang (ebih rendah akan berakibat rendahnya head requirement untuk pressure ratio yang sama.

Perubahan pada specific gravity
Anggaplah sernua kondisi pada base condition sama, tetapi periahan lahan komposisi gas berubah dengan akibat berubahnya specific gravity dari 0.650 ke 0.620. Gas proses sekarang menjadi lebih ringan, tetapi sernua kondisi lainya tetap. Menggunakan persamaan untuk head , kita dapat menentukan head yang diperlukan adalah 36,003.46 ft.lbf/Ibm

Gas yang lebih ringan menghasilkan head requirement yang lebih tinggi untuk pressure ratio yang sama. Sebaliknya gas yang lebih berat akan menghasilkan head requirement yang lebih rendah untuk pressure ratio yang sama dengan semua kondisi yang lainya tetap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here