GAS FUEL SYSTEM

LESSON TERMINAL OBJECTIVE

Mengenali cara kerja dari gas fuel system

LESSON ENABLING OBJECTIVE

•   Menyebutkan fungsi dari gas fuel system. 
  Mengenali lokasi komponen serta memberikan 
 gambaran yang benar tentang gas fuel system.

• Mengenali dan menerangkan secara rinci fungsi dari komponen yang ada pada gas fuel system.

• Menjelaskan , sesuai dengan urutan yang benar, tentang basic operating steps dari gas fuel system pada saat start.

SYSTEM FUNCTION

Gas fuel system mengirim fuel pada pressure dan flow yang diperlukan ke fuel injectors di combustion chamber. System, secara otomatis mengirimkan sejumlah fuel selama accelerasi dan mengatur fuel selama operation.

SYSTEM COMPONENTS

GAS FUEL STRAINER

Gas fuel melalui penyaringan pertama ( filtering ) dilakukan oleh strainer yang dapat dicuci dan duduk didalam sebuiah rumah filter dari cast steel berbentuk Y, dilengkapi sebuah plug untuk mengeluarkan kotoran yang terletak di bagian bawah.
PRIMARY SHUTOFF VALVE ( Gambar 7- 2 )

Primary fuel shutoff valve memberikan supply gas fuel flow ke secondary fuel shutoff valve dan kemudian ke fuel control valve. Valve digerakan oleh pilot gas pressure untuk membuka maksimum jika pilot presure dibuang (vented) maka spring akan menutup valve. Valve adalah 2 way, pilot operated normally closed valve.


Gambar 7 – 2 . Primary Shutoff Valve.

Actuating device untuk primary valve adalah sliding spool dengan tekanan spring untuk berada pada posisi menutup. Pilot gas menyebabkan spool bergerak sliding didalam rumahnya dan menggerakan mekanisme rack dan pinion gear. Hal ini yang mengakibatkan berputarnya ball gate dari shutoff valve membuka dan membiarkan gas fuel mengalir ke secondary shutoff valve.

Jika pilot gas pressure di buang oleh solenoid control valve, spool spring akan menekan ball gate valve untuk menutup.

SECONDARY SHUTOFF VALVE

Secondary valve berfungsi sebagai back up shutoff valve dari primary fuel valve jika tiba-tiba terjadi kemacetan pada primary shutoff valve oleh kotoran atau karena hal lainnya.

Valve dilengkapi dengan spring yang bekerja melawan pilot pressure. Untuk meng-energize secondary shutoff valve solenoid akan membiarkan pilot pressure untuk membuka shutoff valve. Jika solenoid de-energize, pilot pressure akan dibuang ke throttle valve maka spring akan menutup secondary valve.

PILOT VALVES

Normally closed 2 way solenoid valve mengontrol pilot gas pressure untuk membuka dan menutup primary shutoff valve. Pemilihan normally open dan normally closed pilot valve ports yang berhubungan dengan pilot gas pressure, pilot gas vent menentukan apakah shutoff valve normally closed atau normally open.

Sebuah two way solenoid valve memberikan pilot gas pressure ke secondary shutoff valve jika energized. Jika de-energized, pilot pressure dibuang dari secondary shutoff valve dan kemudian akan menutup.

FUEL CONTROL VALVE

NOTE

Fuel control valve di setel oleh pabrik
pembuatnya; penyetelan di field tidak diperbolehkan tanpa system instru-ment dan teknisi memadai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here